26 November 2011

Ceritaku di Malam Satu Suro

Seperti malam-malam minggu biasanya, hari ini tidak ada yang special, cuman malam minggu ini bertepatan dengan Malam Tahun Baru Hijriyah atau biasa dikenal Malam Satu Suro. Memang bagi kebanyakan orang, malam 1 suro merupakan waktu yg tepat buat mencari peruntungan. Bahkan di daerah-daerah di Jawa seperti Jogja, Solo, Ponorogo maupun daerah-daerah yang lain pasti ada upacara untuk memperingati tahun baru hijriyah.

Sebagai orang awam saya memang tidak tahu betul upacara-upacara tersebut. Bahkan pada masyarakat tertentu, malam suro merupakan malam keramat, malam yang cocok buat cari wangsit maupun mengharap berkah.

Di daerahku sendiri ada beberapa tempat yang cukup ramai ketika suronan kayak gini. Salah satu tempat itu berada di sebuah hutan Alas Ketonggo di Desa Babadan, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Nama daerah itu adalah SRIGATI, tempat yang sakral yang dulunya merupakan tempat peristirahatan Prabu Brawijaya V setelah lari dari kerajaan Majapahit karena kerajaan diserbu oleh bala tentara Demak dibawah pimpinan Raden Patah. Menurut masyarakat sekitar, Alas Ketonggo merupakan salah satu hutan yang dikeramatkan alias angker. Bahkan ada yang ngomong kalo Alas Ketonggo adalah kerajaan makhluk halus. Di sana memang terdapat tempat-tempat pertapaan dan ada petilasan Prabu Brawijaya V sehingga membuat tempat tersebut memang di keramatkan. Sedangkan satu hutan lainnya yang di anggap angker di Jawa Timur adalah Alas Purwo di Banyuwangi.

petilasan prabu brawijaya V di Srigati

petilasan prabu brawijaya V (tampak depan)

Banyak orang-orang dari Ngawi maupun dari luar Ngawi berkunjung ke tempat ini ketika malam suro. Mereka semua datang jauh-jauh pasti punya alasan tersendiri kenapa mereka mengunjungi Srigati. Biasanya mereka yang datang ke Srigati mengharapkan berkah, entah itu usahanya biar lancar, biar makin sukses, biar ini biar itu pokoknya macam-macamlah. Makanya banyak yang ngomong kalo Srigati itu tempat buat mencari pesugihan. Banyak orang rela berendam semalaman di sungai yang mengalir di Srigati, bertapa di batu-batu besar yang berada di sungai demi mendapatkan berkah. Memang kalo dipikir secara nalar orang-orang tersebut salah tetapi apa mau dikata itulah salah satu adat jawa, adat istiadat yang tak akan pernah hilang oleh zaman.

salah satu sungai di srigati

tempat pertapaan di srigati

gundukan tanah di petilasan prabu brawijaya V

Sebagai seorang Jawa tulen, saya tidak menyalahkan ataupun membenarkan hal-hal seperti itu. Saya hanya bisa berkata dalam hati saya sendiri, kalo memang mau mencari berkah yaw berdoalah kepada Tuhan dengan hati yang tulus dan bersungguh-sungguh pasti Tuhan akan membuka jalan berkat bagi diri kita dengan syarat sabar dan legowo menerima apapun rencana Tuhan karena segala sesuatu itu ada musimnya dan Janji Tuhan itu indah pada waktunya.

Sekali lagi saya ucapkan Selamat Tahun Baru Hijriyah ( 1 Muharram 1433 H) buat yang merayakannya. Semoga di Tahun baru ini, semua doa-doa dan harapan yang belum terkabul bisa terkabul..amiien

4 komentar:

  1. http://www.youtube.com/mrsingobarongs

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 750juta saya sters hamper bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan kyai ronggo, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI RONGGO KUSUMO kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 3Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 3M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi kyai ronggo kusumo di 082349356043 situsnya www.ronggo-kusumo.blogspot.com agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi kyai ronggo kusumo pasti akan di bantu

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...